SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA

SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA

Ruang Lingkup dan Tujuan IPS

A.    Ruang Lingkup IPS

Secara mendasar, pembelajaran IPS berkenaan dengankehidupan manusia yang melibatkan segala tingkah laku dan kebutuhannya. IPSberkenaan dengan cara manusia memenuhi kebutuhannya, baik kebutuhan untukmemenuhi materi, budaya, dan kejiwaannya; memamfaatkan sumber-daya yang adadipermukaan bumi; mengatur kesejahteraan dan pemerintahannya maupun kebutuhanlainnya dalam rangka mempertahankan kehidupan masyarakat manusia. Singkatnya,IPS mempelajari, menelaah, dan mengkaji sistem kehidupan manusia di permukaanbumi ini dalam konteks sosialnya atau manusia sebagai anggota masyarakat.

Dengan pertimbangn bahwa manusia dalam kontekssosial demikian luas,pengajaran IPS pada jenjang pendidikan harus dibatasi sesuai dengankemampuan peserta didik tiap jenjang, sehingga ruang lingkup pengajaran IPSpada jenjang pendidikan dasar berbeda dengan jenjang pendidikan menengah danpendidikan tinggi.Pada jenjang pendidikan dasar, ruang lingkup pengajaran IPS dibatasisampai pada gejala dan masalah sosial yang dapat dijangkau pada geografi dansejarah.Terutama gejala dan masalah sosial kehidupan sehari-hari yang ada dilingkungan sekitar peserta didik MI/SD.Pada jenjang pendidikan menengah, ruang lingkup kajian diperluas. Begitu jugapada jenjang pendidikan tinggi: bobot dan keluasan materi dan kajian semakindipertajam dengan berbagai pendekatan. Pendekatan interdisipliner ataumultidisipliner dan pendekatan sistem menjadi pilihan yang tepat untukditerapkan karena IPS pada jenjang pendidikan tinggi menjadi sarana melatihdaya pikir dan daya nalar mahasiswa secara berkesinambungan.Sebagaimana telah dikemukakan di depan, bahwa yang dipelajari IPS adalahmanusia sebagai anggota masyarakat dalam konteks sosialnya, ruang lingkupkajian IPS meliputi (a) substansi materi ilmu-ilmu sosial yang bersentuhandengan masyarakat dan (b) gejala, masalah, dan peristiwa sosial tentangkehidupan masyarakat. Kedua lingkup pengajaran IPS ini harus diajarkan secaraterpadu karena pengajaran IPS tidak hanya menyajikan materi-materi yang akanmemenuhi ingatan peserta didik tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan sendirisesuai dengan kebutuhan dan tuntutan masyarakat. Oleh karena itu, pengajaranIPS harus menggali materi-materi yang bersumberpada masyarakat. Dengan kata lain, pengajaran IPS yang melupakanmasyarakat atau yang tidak berpijak pada kenyataan di dalam masyarakat tidakakan mencapai tujuannya.



B.Tujuan IPS
Sama halnya tujuan dalam bidang-bidang yang lain, tujuan pembelajaran IPSbertumpu pada tujuan yang lebih tinggi. Secara hirarki, tujuan pendidikannasional pada tataran operasional dijabarkan dalam tujuan institusional tiapjenis dan jenjang pendidikan. Selanjutnya pencapaian tujuan institusional inisecara praktis dijabarkan dalam tujuan kurikuler atau tujuan mata pelajaranpada setiap bidang studi dalam kurikulum, termasuk bidang studi IPS.Akhirnya tujuan kurikuler secara praktis operasional dijabarkan dalam tujuaninstruksional atau tujuan pembelajaran.Sub bahasan ini dibatasi pada uraian tujuan kurikuler bidang studi IPS.Tujuankurikuler IPS yang harus dicapai sekurang-kurangnya meliputi hal-hal berikut:• membekali peserta didik dengan pengetahuan sosial yang berguna dalamkehidupan masyarakat;• membekali peserta didik dengan kemapuan mengidentifikasi, menganalisa danmenyusun alternatif pemecahan masalah sosial yang terjadi dalam kehidupan dimasyarakat;• membekali peserta didik dengan kemampuan berkomunikasi dengansesama warga masyarakat dan dengan berbagai bidang keilmuan sertaberbagai keahlian;• membekali peserta didik dengan kesadaran, sikap mental yang positif, danketerampilan terhadap lingkungan hidup yang menjadi bagiankehidupannya yang tidak terpisahkan; dan• membekali peserta didik dengan kemampuan mengembangkan pengetahuan dankeilmuan IPS sesuai dengan perkembagan kehidupan,perkembangan masyarakat, dan perkembangan ilmu dan teknologi.Kelima tujuan di atas harus dicapai dalam pelaksanaan kurikulum IPS diberbagai lembaga pendidikan dengan keluasan, kedalaman dan bobot yang sesuaidengan jenis dan jenjang pendidikan yang dilaksanakan.

No comments: