SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA

SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA

Tuesday, November 27, 2012

Pengertian Ilmu Pengetahuan Sosial


Rumusan tentangpengertian IPS telah banyak dikemukakan oleh para ahli IPS atau social studies.Di sekolah-sekolah Amerika pengajaran IPS dikenal dengan social studies. Jadi,istilah IPS merupakan terjemahan social studies.Dengandemikian IPS dapat diartikan dengan “penelahaan atau kajian tentangmasyarakat”. Dalam mengkaji masyarakat, guru dapat melakukan kajian dariberbagai perspektif sosial, seperti kajian melalui pengajaran sejarah,geografi, ekonomi, sosiologi, antropologi, politik-pemerintahan, dan aspekpsikologi sosial yang disederhanakan untuk mencapai tujuan pembelajaran.Untuk memperoleh gambaran yang lebih luas tentang IPS, maka penting untuk dikemukakanbeberapa pengertian social studies dan IPS menurut para ahli.• Edgar B Wesley : menyatakan bahwa social studies are the social sciences simplified forpaedagogieal purposes in school. The social studies consist of geografyhistory, economic, sociology, civics and various combination of these subjects.• John Jarolimek :mengemukakan bahwa Studi sosial sebagai bagian dari kurikulum SD untuk mengimbangi konten subyek dari ilmu sosial , sejarah , sosiologi , ilmu politik , psikologi sosial ,filsafat, antropologi , dan ekonomi . Studi sosial telahdidefinisikan sebagai " orang-orang bagian dari ilmu sosial ... yang dipilih untuk tujuan instruksional "Demikian beberapapengertian yang dikembangkan di Amerika Serikat oleh beberapa tokoh pendidikanterkenal.Pengembangan IPS di Indonesia banyak mengambil ide-ide dasar daripendapat-pendapat yang dikembangkan di Amerika Serikat tersebut. Tujuan,materi, dan penanganannya dikembangkan sendiri sesuai dengan tujuan nasionaldan aspirasi masyarakat Indonesia. Hal ini didasarkan pada realitas, gejala,dan problem sosial yang menjadi kajian IPS yang tidak sama dengan negara-negaralain. Setiap negara memiliki perkembangan dan model pengembangan social studiesyang berbeda.Berikut pengertian IPSyang dikemukakan oleh beberapa ahli pendidikan dan IPS di Indonesia :

Read More>>



• Moeljono Cokrodikardjo : mengemukakan bahwa IPS adalah perwujudandari suatu pendekataninterdisipliner dari ilmu sosial. Ia merupakanintegrasi dari berbagaicabang ilmu sosial yakni sosiologi, antropologibudaya, psikologi,sejarah, geokrafi, ekonomi, ilmu politik dan ekologimanusia, yangdiformulasikan untuk tujuan instruksional dengan materidan tujuan yangdisederhanakan agar mudah dipelajari.• Nu’man Soemantri :menyatakan bahwa IPS merupakan pelajaran ilmu-ilmu sosial yang disederhanakanuntuk pendidikan tingkat SD, SLTP, danSLTA. Penyederhanaanmengandung arti: a) menurunkan tingkatkesukaran ilmu-ilmusosial yang biasanya dipelajari di universitas menjadipelajaran yang sesuaidengan kematangan berfikir siswa siswi sekolahdasar dan lanjutan, b)mempertautkan dan memadukan bahan anekacabang ilmu-ilmu sosialdan kehidupan masyarakat sehingga menjadipelajaran yang mudahdicerna.• S. Nasution : mendefinisikan IPS sebagai pelajaran yang merupakan fusiatau paduan sejumlahmata pelajaran sosial. Dinyatakan bahwa IPSmerupakan bagiankurikulum sekolah yang berhubungan dengan peranmanusia dalam masyarakatyang terdiri atas berbagai subjek sejarah,ekonomi, geografi,sosiologi, antropologi, dan psikologi sosial.• Tim IKIP Surabaya : mengemukakan bahwa IPS merupakan bidang studiyang menghormati,mempelajari, mengolah, dan membahas hal-hal yangberhubungan denganmasalah-masalah human relationship hingga benarbenar dapat dipahami dandiperoleh pemecahannya. Penyajiannya harus merupakan bentuk yang terpadu dariberbagai ilmu sosial yang telah terpilih, kemudian disederhanakan sesuai dengankepentingan sekolahsekolah.Dengan demikian, IPSbukan ilmu sosial dan pembelajaran IPS yangdilaksanakan baik padapendidikan dasar maupun pada pendidikan tinggi tidak menekankan pada aspekteoritis keilmuannya, tetapi aspek praktis dalam mempelajari, menelaah, mengkajigejala, dan masalah sosial masyarakat, yang bobot dan keluasannya disesuaikandengan jenjang pendidikan masingmasing. Kajian tentang masyarakat dalam IPSdapat dilakukan dalam lingkungan yang terbatas, yaitu lingkungan sekitarsekolah atau siswa dan siswi atau dalam lingkungan yang luas, yaitu lingkungannegara lain, baik yang ada di masa sekarang maupun di masa lampau. Dengandemikian siswa dan siswi yang mempelajari IPS dapat menghayati masa sekarangdengan dibekali pengetahuan tentang masa lampau umat manusia.Dengan bertolak dariuraian di depan, kegiatan belajar mengajar IPS membahas manusia denganlingkungannya dari berbagai sudut ilmu sosial pada masa lampau, sekarang, danmasa mendatang, baik pada lingkungan yang dekat maupun lingkungan yang jauhdari siswa dan siswi. Oleh karena itu, guru IPS harus sungguh-sungguh memahamiapa dan bagaimana bidang studi IPS itu.

No comments: